Soskemah: Galakan Hidup Sehat dengan Menanam Toga

0

Mahasiswa FEMA Galakan Hidup Sehat dengan Menanam Toga

            SamisaenaIPB. Memwujudkan perilaku hidup sehat di Desa Cibadak merupakan salah satu tujuan dari divisi Gizi dan Kesehatan program SAMISAENA IPB. Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi tentang tanaman TOGA sekaligus penanaman tanaman TOGA. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu (27/05) di SMP Plus Al-Fatihah Desa Cibadak, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Tim Gizkes Samisaena disambut baik oleh guru dan siswa SMP Plus, hal ini terlihat dari atusiasme dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan penanaman. Banyak pertanyaan terlontar saat sesi diskusi, bahkan ada beberapa pertanyaan harus di jawab Minggu depan karena keterbatasan waktu dan pengetahuan.

Kegiatan berjalan lancar dari awal hingga akhir.  Diawali dengan pembukaan perkenalan dari seluruh Tim, dilanjutkan dengan sosialisasi TOGA Tanaman Obat Keluarga).  Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tentang mencuci tangan yang baik dan benar juga mewarnai kegiatan ini. Hingga seluruh tim beserta pihak sekolah turun ke ladang untuk menanam berbgai jenis tanaman toga dan beebrapa tanaman hortikultura. Tanaman yang di tanam ada Bawang merah, Kacang hijau, cabe, jahe, lempuyang, jagung, pakcoy, dll.

Selain itu, teman-teman divisi PAUD juga ikut meramaikan kegiatan dengan memberikan materi tentang reproduksi remaja. Meskipun akhirnya, karena kesalahan teknis kegiatan ini tertunda. Tapi kerja keras divisi PAUD tetap terbayar dengan mencangkul dan menanam tanaman TOGA bersama anak-anak SMP Plus Al-Fatihah.

Setelah selesai menanam semuanya mempraktikan materi cuci tangan yagn sudah disampaikan. Mereka dapat mempraktekkan sendiri bagaimana cara mencuci tangan yang benar serta beberapa contoh  tanaman toga. Gelak tawa dari siswa terlihat dalam setiap momen kegiatan.

“Kami sangat senang dengan kedatangan mahasiswa FEMA IPB, hari ini kami banyak belajar hal baru, dari hal terkecil seperti cuci tangan. Kami sangat berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut di SMP Plus” Ujar Pak Cecep selaku Kepala Sekolah SMP Plus AL-Fatihah saat mahasiswa berpamitan pulang. (Gizkes/sami/Soskemah/BEMFEMA)

Share.

About Author

Website resmi BEM Fakultas Ekologi Manusia IPB | SMS Center 0896-6006-4072 / Ali Mahmudin 0896-3641-7567 |Twitter/IG: @bemfema | Path: BEM FEMA IPB

Leave A Reply