REKOMENDASI MAKANAN

Halo, Ekologis!

Ujian Akhir Semester semakin dekat, tugas akhir juga menumpuk, dan liburan telah menanti. Terpaksa sebagian dari kita harus begadang untuk menyelesaikan dan memikirkannya. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang dapat membantu dan dihindari ketika kita ingin begadang.

Makanan dan Minuman yang perlu dikonsumsi:

1. Kopi, berikut beberapa tips untuk mengonsumsi kopi dengan baik, seperti berhenti meminum kopi seminggu sebelum jadwal begadang, meminum kopi saat siang hari, dan terpenting adalah harus menyeimbangkan konsumsi kopi dan air.

2. Yoghurt, merupakan sumber protein yang baik dan menyediakan energi dalam jangka panjang untuk tubuh. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi protein saat begadang sangat penting karena otak bekerja lebih keras dan membutuhkan banyak energi.

3. Sayur dan buah, dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan tubuh akan terjada dengan baik. Sayur dan buah dapat diolah dengan bahan makanan lainnya agar semakin kaya protein dan karbohidrat.

4. Air, meskipun kafein sangat ampuh untuk membantu begadang, air merupakan opsi yang lebih sehat dan efektif karena apabila kita kekurangan air, tubuh akan dehidrasi dan lesu sehingga tidak dapat berfungsi secara optimal.

5. Teh Hijau, dilansir dari seorang nutrisionis, teh hijau tinggi akan antioksidan, kafein, dan protein yang dapat membantu berenergi lebih lama.

Makanan dan Minuman yang perlu dihindari

1. Makanan Manis, makanan manis atau tinggi gula, seperti permen, cookies, dan lainnya dapat meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. Selain itu, makanan tinggi gula juga tidak mendukung badan untuk tetap segar dan berenergi.

2. Minuman Berenergi, minuman berenergi mengandung kafein dalam jumlah banyak setara dengan 5 cangkir kopi. Dosis kafein dalam jumlah banyak dapat bersifat racun untuk tubuh, apalagi jika dicampur dengan alkohol atau obat – obatan.3. Makanan Siap Saji, makanan siap saji cenderung tinggi gula dan garam yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Makanan manis dapat berujung pada obesitas dan diabetes, sedangkan makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat meningkatkan resiko hipertensi. Selain itu, makanan siap saji hanya membuat kenyang sementara dan membuat kita makan terlalu banyak.

KALAU BISA TIDAK BEGADANG, MENCAPA HARUS BEGADANG?

Sumber: motherandbeyond.id

BEM FEMA IPB

Portal Website BEM FEMA IPB Narahubung : (Lutfi Arifudin) linktr.ee : linktr.ee/bemfema Twitter @bemfemaipb | IG @bemfema OA Line BEM FEMA @nhw4871i LinkedIn : BEM FEMA IPB

Tinggalkan Balasan