Profiling Test FEMA 2015

0

Profiling test merupakan salah satu program yang terselenggara atas kerja sama ILP Cimanggu, Dekanat FEMA dan PSDM BEM FEMA. Awalnya, PSDM BEM FEMA ingin menyelenggarakan tes TOEFL Prediction bagi mahasiswa FEMA, namun setelah berkonsultasi dengan Dekanat FEMA yang ternyata telah bekerja sama dengan ILP Cimanggu, maka profiling test yang bisa dikatatakan serupa dengan TOEFL Prediction diadakan terbuka untuk mahasiswa FEMA angkatan 49 dan 50. Dari 525 orang yang mendaftar melalui pendaftaran online, terdapat 406 orang yang hadir dan 29 orang yang niscaya akan menyusul pada minggu selanjutnya.

Tes ini dibagi menjadi tiga gelombang, yaitu gelombang pertama (08.00 – 09.30), gelombang kedua (09.30 – 11.00), dan gelombang ketiga (11.00 – 12.30). Pembagian gelombang ini diatur berdasarkan prioritas waktu dari peserta yang disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada pada tiap gelombang. Perwakilan dari ILP Cimanggu berjumlah empat orang, dekanat berjumlah empat orang dan PSDM BEM FEMA berjumlah dua belas orang. Acara dibuka tepat pada pukul 08.00 oleh Pak Nuki dan Mr. Mark, namun registrasi telah ada sejak pukul 07.30 WIB. Profiling test sendiri berlangsung satu jam, dengan sepuluh menit sesi listening di awal dan 50 menit selanjutnya untuk sesi grammar.

Pada tiap awal gelombang, pihak ILP memberikan pengarahan tentang tata cara pengisian lembar jawaban. Registrasi dan pendistribusian lembar soal dilakukan oleh perwakilan PSDM BEM FEMA. Soal sendiri terdiri dari 100 soal untuk sesi listening dan 100 soal untuk sesi grammar. Seluruh peserta mengerjakan soal dengan tepat waktu.

Keseluruhan acara berjalan dengan sangat baik, tepat waktu dan tepat sasaran. Pasca diadakannya profiling test ini, peserta diharapkan dapat mengetahui tingkat kemampuan bahasa inggris mereka dari sisi listening dan grammar, sehingga nantinya para peserta mampu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mereka. Profiling test ini juga berguna untuk mengetahui seberapa besar kemampuan bahasa inggris mahasiswa FEMA sehingga pihak dekanat nantinya tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk membuat FEMA lebih baik lagi khususnya dalam kemampuan berbahasa inggris.

Share.

About Author

Website resmi BEM Fakultas Ekologi Manusia IPB | SMS Center 0896-6006-4072 / Ali Mahmudin 0896-3641-7567 |Twitter/IG: @bemfema | Path: BEM FEMA IPB

Leave A Reply