Kunjungan Kementrian Adkesmah BEM

0

DIALOG CINTA: Kesmah BEM KM Visit to Soskemah

          BEMFema. Departemen Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM Fema mendapat kunjungan dari Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM IPB pada Kamis (25/5) lalu. Kunjungan ini dihadiri langsung oleh Menteri Kesmah BEM KM, Seto Wibowo beserta kelima anggota kementeriannya. Kegiatan ini selain untuk berbagi informasi dan pengetahuan antar kegiatan per-kesmah-an dimaksudkan untuk menjaga silaturahmi antara BEM KM dan BEM Fema.

           

Dialog cinta, itulah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan pertemuan kedua ormawa ini. Karena pada dasarnya yang menjadi topik dialog adalah hal yang menyangkut kepentingan semua mahasiswa (Wujud rasa cinta BEM kepada mahasiswa). Di sini banyak hal menarik yang dibahas dari program berbagi susu gratis sebelum ujian semester yang dikenal dengan nama I Welfare hingga isu penting seperti penanggulangan mahasiswa sakit di Fakultas. Beberapa  hal lain seperti beasiswa, penggalangan dana, bantuan pokja, dan penurunan UKT juga dibahas dalam pertemuan ini.

Salah satu isu serius yang dibahas adalah isu tentang upaya pencegahan dan pendataan mahasiswa sakit yang ada di Fakultas. Hal ini memang penting untuk dibahas, mengingat banyaknya mahasiswa yang sakit akibat kebiasaan seperti pola makan yang salah. Bahkan mahasiswa Fema sudah ada korban.  Hal ini sangat dikhwatirkan, karena faktanya  Fema adalah fakultas yang rajin melaporkan pendataan mahasiswa sakit kepada pihak Kesmah BEM KM.

“Fema merupakan Fakultas yang paling rajin melaporkan keadaan mahasiswanya hingga saat ini. Hal ini bisa menjadi bekal upaya preventif menanggulangi masalah mahasiswa sakit di Fema untuk tahun depan sekaligus bisa menjadi percontohan untuk fakultas lain” Ujar Kak Seto dalam dialognya.

Isu masalah UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang mahal dan tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa turut mewarnai kunjungan ini. Dengan jelasnya teman-teman dari BEM KM menjelaskan pentingnya mengawal mahasiswa untuk menurunkan UKT. Sampai saat ini ada tiga mahasiswa yang UKT-nya berhasil turun, meskipun ada puluhan siswa lain yang hingga kini tidak disetujui penurunan UKT-nya oleh pihak rektorat.

Beberapa catatan lain yang disarankan oleh teman-teman Kesmah BEM KM adalah transparansi program penggalangan dana (di Fema lebih akrab disebut sebagai I-Foundation) yang lebih detail. Untuk manajemen I-Foundation sendiri,  Fema sudah dinilai baik dalam pelaksanaanya. Setiap minggu program I-Foundation secara rutin dilakukan, bahkan hal ini masih dirasa lumayan sulit dilakukan oleh ormawa yang lain.

Kalender Beasiswa juga hingga kini berjalan dengan lancar. BEM Fema mempublikasikan info-info beasiswa melalui akun resmi BEM Fema dan OA (Official Acount) khusus Soskesmah yaitu Fema Care Center. Meskipun hingga kini akun Fema Care Center belum begitu antusias si akses oleh mahasiswa.

Pesan terakhir yang disampaikan kak Seto adalah untuk segera membentuk Penanggung Jawab Sementara (PJS) Departemen Soskesmah, karena angkatan 51 yang akan segera melakukan KKN-T di luar Bogor. Hal ini penting karena saat Soskesmah tinggal tiga orang yang bekerja, ada kegiatan rutin Pokja SPP yang harus dilakukan oleh setiap departemen kesmah di lingkungan ormawa IPB.

Kedua ormawa berdialog santai hingga akhirnya pertemuan ditutup dengan doa untuk Ibu dari Kepala Departemen Soskesmah BEM Fema yaitu Kak Januariska yang saat ini sedang sakit. Semuanya berharap meskipun Departemen Soskesmah mempunyai beban kerja ganda sosial pengembangan masyarakat dan kesejahteraan mahasiswa, semua anggota soskesmah tetap semangat mengabdi dan berbakti di jalan sosial. Departemen ini memang untuk orang-orang yang siap memberikan waktu, tenaga, dan pikiranya secara ikhlas, karena kita tidak pernah tahu kapan musibah dan kemalangan akan datang. Tetap semangat Soskemah  BEM Fema dan Kesmah BEM KM IPB! (Soskesmah/Nvn).

 

Share.

About Author

Website resmi BEM Fakultas Ekologi Manusia IPB | SMS Center 0896-6006-4072 / Ali Mahmudin 0896-3641-7567 |Twitter/IG: @bemfema | Path: BEM FEMA IPB

Leave A Reply