HUT KE-77 RI: KESEMPATAN KTT G20 UNTUK IKLIM YANG LEBIH BAIK

Halo, KM FEMA!

Indonesia pada G20 menjadi suara negara berkembang yang berkontribusi menyelesaikan masalah dan tantangan ekonomi dunia. Keterpurukan di tahun-tahun belakang menggerakkan berbagai elemen untuk bersama bergotong rotong mewujudkan harapan.

DIBALIK G20, KEMERDEKAAN RI DAN KRISIS IKLIM

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.

Presidensi G20 Indonesia mendorong kerjasama multilateral yang memprioritaskan adaptasi perubahan iklim. Indonesia mengusung tiga isu prioritas dalam presidensinya di G20 yang bertemakan Recover Together, Recover Stronger (Pulih Bersama dan Lebih Kuat), yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi.

Presidensi G20 Indonesia menjadi langkah awal dalam mitigasi dan resiliensi masyarakat terhadap dampak dari perubahan iklim. “G20 perlu memperkuat kerja sama untuk mengatasi kualitas udara bersih, perubahan iklim, serta meningkatkan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi bagi peningkatan kualitas kehidupan.” Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia ( AIPI ) Satryo Soemantri Brodjonegoro.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Warga berhak merdeka dari berbagai krisis dan hidup dalam lingkungan layak. Namun, apakah kita sudah merdeka dari krisis iklim saat ini dan nanti?

BEM FEMA IPB

Portal Website BEM FEMA IPB Narahubung : (Lutfi Arifudin) linktr.ee : linktr.ee/bemfema Twitter @bemfemaipb | IG @bemfema OA Line BEM FEMA @nhw4871i LinkedIn : BEM FEMA IPB

Tinggalkan Balasan