HACKERS BJORKA DAN MOTIF PENYERANGANNYA TERHADAP DATA MASYARAKAT INDONESIA

  • Post author:
  • Post category:Jarkominfo
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:30 September 2022
  • Reading time:2 mins read

Halo KM FEMA!

Di era digitalisasi saat ini, banyak sekali kejahatan yang bisa menghampiri kita dengan motif yang tidak kita duga.

Lalu, bentuk kejahatan digital apa saja sih yang dilakukan oleh hacker Bjorka ini? Daripada makin penasaran, yuk simak informasi berikut ini.

Satu bulan terakhir Indonesia dikejutkan dengan adanya kasus peretasan data pribadi. Pelaku nya tidak lain adalah Bjorka yang saat ini terindikasi tinggal di luar negeri. Nama Bjorka semakin dikenal oleh masyarakat luas setelah dirinya bergabung di forum breached.to dan memposting serta mengklaim memiliki 1,3 miliar data terkait registrasi SIM card prabayar dari penduduk Indonesia.

Awal mula nama Bjorka menjadi bahan perbincangan publik adalah ketika dirinya membocorkan data rahasia milik Presiden RI. Tidak hanya itu, dirinya pun terus berulah dengan tindakan doxing terhadap Menkominfo Johnny G Plate dengan menyebar data pribadi Menkominfo berupa nama, NIK, nomor telepon, KK, nomor vaksin, alamat, dll. Selain itu, Bjorka pun sempat mengucapkan “Happy birthday,” sebagai bahan ejekan di grup Telegram, Bjorkanism.

Pada beberapa waktu lalu, Bjorka mengungkap motif dirinya melakukan tindakan kriminal ini karena ingin membalaskan dendam atas meninggalnya kakek tua cerdas yang merawatnya sedari kecil pada tahun lalu yang merupakan seorang korban dari kebijakan Orde Baru Pasca 1965. Namun demikian, hal ini tidak boleh dipercaya, diterima, dan disimpulkan dengan cepat. Pasalnya data hacker Bjorka ini belum dapat dipastikan kebenarannya dan juga telah meretas banyak data masyarakat Indonesia.

Untuk itu, mari simpan data pribadi kita dengan sebaik mungkin. Jangan langsung percaya dengan orang lain atau pihak yang meminta data dirimu tanpa kepentingan yang jelas.

Yuk jadi orang cerdas dan berhati-hati dalam menjaga privasi.

Source: inet.detik.com

BEM FEMA IPB

Portal Website BEM FEMA IPB Narahubung : (Lutfi Arifudin) linktr.ee : linktr.ee/bemfema Twitter @bemfemaipb | IG @bemfema OA Line BEM FEMA @nhw4871i LinkedIn : BEM FEMA IPB

Tinggalkan Balasan