I-Launching Virtual Exhibition: Kolaborasi ‘Agile’ di Masa Pandemi

I-Launching merupakan tradisi tahunan ormawa (organisasi mahasiswa) wilayah FEMA IPB yang semula dibentuk sebagai pengenalan identitas masing-masing ormawa. Kegiatan ini masih berlanjut sebagai agenda rutin tahunan FEMA hingga saat ini. Tujuan pelaksanaan I-Launching adalah sebagai media branding dan wujud kerjasama kolaborasi antar 6 ormawa FEMA yaitu BEM FEMA, DPM FEMA, Forsia (Forum Syiar FEMA), Himasiera, Himaiko, dan Himagizi. I-Launching dikepalai oleh BEM FEMA sebagai inisiator, konseptor, dan eksekutor utama yang menghimpun dan mewadahi terjalinnya kolaborasi pada wilayah FEMA. Lebih lanjut I-Launching juga berfungsi sebagai sarana memperkenalkan Fakultas Ekologi Manusia, baik kepada KM FEMA, KM IPB, dan lebih luas ke seluruh penjuru kalangan sesuai dengan tagline FEMA yaitu ‘Membumi dan Mendunia’. 

Tahun ini, I-Launching menunjukkan sisi keadaptifan Ormawa FEMA yaitu dengan menggagas konsep ‘agile’ di masa pandemi Covid-19. Konsep tersebut diwujudkan melalui virtual exhibition dengan bentuk Maze-Launching (labirin virtual) dan mengangkat tema ‘Call Back Memory on FEMA Virtual’. Maze-Launching menampilkan nuansa hijau tosca dan putih yang merupakan warna khas Fakultas Ekologi Manusia. 

I-Launching telah dilaksanakan pada 13 Februari 2021 dengan isinya mencakup informasi-informasi terkait ormawa FEMA diantaranya struktur kabinet, logo, nama kabinet, program kerja, dokumentasi dan sebagainya. Tidak hanya berkolaborasi dengan 6 penjuru Ormawa FEMA, I-Launching tahun ini telah berhasil berkolaborasi dengan payung utama FEMA yaitu Tim Dekanat FEMA yang turut mengisi Maze-Launching dengan pengenalan Fakultas Ekologi Manusia. Pengenalan ini bermaksud untuk menjadikan FEMA yang lebih kolaboratif antar bagiannya dan memperluas jejaring lingkup FEMA itu sendiri dengan informasi visi-misi fakultas, struktur pimpinan, akun publikasi FEMA, renstra FEMA 2021, dan apresiasi  mahasiswa berprestasi FEMA 2021.

Maze-Launching terdiri dari 5 zona yaitu zona 1 atau zona pengenalan, merupakan zona yang berisi penjelasan tentang I-Launching, rules Maze-Launching, ‘Find Me’ challenge, dan perbedaan I-Launching versi offline dan online. Zona 2 berada pada pintu masuk yang merupakan zona persiapan dengan berisi link presensi kehadiran, petunjuk challenge, dan denah Maze-Launching. Zona 3 merupakan lorong labirin yang terdiri dari masing-masing 6 poster pada setiap lorong Ormawa FEMA. Zona 4 atau dikenal dengan ‘Pojok FEMA’ berisikan pengenalan Fakultas Ekologi Manusia hasil kolaborasi bersama Dekanat FEMA. Zona 5 yang juga merupakan zona terakhir yaitu pintu keluar beserta pemberitahuan challenge dan link akses untuk kritik saran kedepannya.

Hingga saat ini jumlah pengunjung Maze-Launching telah mencapai 194 pengunjung. Maze-Launching akan tetap dibuka selama masa kepengurusan periode Ormawa FEMA 2020/2021. Yakin tidak penasaran dengan pengenalan Ormawa FEMA periode 2020/2021? Yuk kunjungi virtual exhibition Ormawa FEMA yang dapat diakses melalui website BEM FEMA (bem.fema.ipb.ac.id) atau melalui link berikut: http://bem.fema.ipb.ac.id/index.php/maze-launching-fema/

atau