Departemen Sosial dan Pengembangan Masyarakat

Departemen Sosial dan Pengembangan Masyarakat (Sospemas) merupakan departemen yang menjadi wadah bagi mahasiswa FEMA untuk melakukan pengabdian masyarakat dan meningkatkan kepeduliaan mahasiswa terhadap permasalahan sosial di masyarakat

Program Kerja

IConsert

IConsert adalah kegiatan rangkaian konser amal dengan pertunjukan seni sebagai main event, dan kegiatan pre-event. Hasil penjualan tiket akan didonasikan kepada pekerja seni atau teman disabilitas yang membutuhkan. Puncak dari sub proker ini berkolaborasi dengan Famnight Departemen Orsenbud BEM FEMA.

Tujuan:

  1. Menggalang donasi untuk pekerja seni disabilitas yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi.
  2. Mewadahi minat bakat mahasiswa FEMA di bidang seni serta meningkatkan kepekaan terhadap kondisi sekitar.

IMove

IMove adalah macam-macam gerakan sosial yang dilakukan Sospemas BEM FEMA sebagai bentuk peringatan hari-hari sosial dengan kegiatan yang berbeda-beda setiap perayaannya.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa FEMA terhadap lingkungan sosial sekitarnya.
  2. Mewadahi partisipasi mahasiswa FEMA dan masyarakat umum dalam kegiatan sosial yang bermanfaat.

Kelas Bahasa Isyarat

Kelas bahasa isyarat merupakan kelas online yang dilakukan untuk memberi pelatihan bahasa isyarat kepada masyarakat umum.

Tujuan: Meningkatkan kepedulian dan rasa toleransi mahasiswa KM IPB dan masyarakat umum terhadap tuna rungu dan tuna wicara di lingkungan sekitar.


Samisaena

Samisaena merupakan kegiatan pembelajaran dan pengabdian mahasiswa FEMA di Desa Binaan FEMA melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pendidikan kepada anak-anak desa serta pembekalan kepada mahasiswa FEMA yang akan berpartisipasi untuk turun desa.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kebersamaan mahasiswa FEMA dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.
  2. Mewadahi partisipasi mahasiswa FEMA dalam bidang pengabdian.
  3. Meningkatkan peran dan fungsi mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya.
  4. Adanya pendampingan dari FEMA kepada Desa Sukawening sebagai desa binaan dalam pemberdayaan masyarakat.

DAYA

DAYA merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa FEMA di lingkungan domisili masing-masing yang mendaftarkan programnya dan akan mendapat fasilitas dari Sospemas BEM FEMA.

Tujuan:

  1. Mewadahi partisipasi mahasiswa FEMA dalam bidang pengabdian.
  2. Meningkatkan peran dan fungsi mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya.
  3. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat domisili masing-masing.

PRESS RELEASE

Wawancara Samisaena

Telah dilaksanakan tahap kedua dari pendaftaran pengurus samisaena yaitu tahap wawancara. Terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti tahap wawancara dengan penuh antusias dan semangat. Semoga hasilnya memuaskan ya. Jangan lupa untuk pantengin terus timeline dari sospemas, karena tanggal 4 Maret nanti akan ada pengumuman bagi pengurus yang terpilih nih. Ditunggu dan tetap semangat ya!! “Satu-satunya batasan untuk meraih mimpi kita adalah keragu-raguan kita akan hari ini. Marilah kita maju dengan keyakinan yang aktif dan kuat” - Franklin Roosevelt

First Gathering Samisaena

Telah diadakan pertemuan pertama sahabat sospemas pada first gathering samisaena 2021 minggu kemarin. Terima kasih kepada seluruh peserta, pembicara dan panitia yang terlibat. Semoga dengan diadakannya first gathering sahabat sospemas semakin kompak, keren, dan semangat. Sampai jumpa di temu rapat selanjutnya!! "Satu-satunya cara melakukan pekerjaan yang hebat adalah mencintai apa yang kamu lakukan. Jika belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan diam" -Steve Jobs

Samisaena X Rangkul Desa

Telah dilaksanakan opening Samisaena pada hari Sabtu tanggal 17 April 2021 yang bertempat di Desa Sukawening. Program kerja Samisaena ini berkolaborasi dengan rangkul desa dari sekolah bisnis IPB dalam memberikan pemberdayaan terhadap masyarakat Desa Sukawening. Program kerja ini bergerak di 3 bidang yaitu bidang pendidikan, kewirausahaan, dan pertanian. Kegiatan kemarin dihadiri oleh berbagai pihak baik itu pihak dari IPB maupun pihak dari desa itu sendiri. Diharapkan kedepannya program kerja ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal. “Inspirasi menjadi kunci, agar semua mau berpartisipasi. Bahu-membahu perbaiki negeri, bersama-sama mengabdi tanpa henti” – Najwa Shihab.

Temu Kangen SAPEMAS

Telah dilaksanakan temu kangen SAPEMAS hari Jumat tanggal 30 April 2021 via zoom pukul 21.00 wib-selesai. Pertemuan ini diadakan untuk membahas keberlanjutan proker dari Samisaena, diantaranya yaitu pembagian kelompok, informasi terbaru samisaena, php2d dan yang paling penting tentunya untuk penguatan dan pendekatan internalisasi antara sospemas dengan sapemas. "Kata kuncinya adalah kita bisa! Dengan semangat kebersamaan, kita bisa lakukan apa aja"