Departemen Lingkungan Hidup

Departemen Lingkungan Hidup (DLH) merupakan departemen yang berperan sebagai penggerak untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat FEMA dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian, dan kecintaan terhadap lingkungan hidup

Program Kerja

KERIS (Kemah Riset)

KERIS merupakan salah satu kegiatan lomba ekologi yang menyatu dengan lingkungan yang dilaksanakan secara online di tingkat nasional. Kegiatan ini dilakukan di masing-masing daerah asal peserta untuk meneliti permasalahan lingkungan yang ada di daerah tersebut dan mampu mengatasi masalah tersebut melalui gagasan ide dan inovasi yang akan dituangkan melalui essay dan poster bernarasi. Riset yang dilakukan meliputi aspek sosial, ekonomi, lingkungan, dan budaya baik dimasyarakat maupun di lingkungannya.

Tujuan:

  1. Meningkatkan skill riset dan penulisan karya ilmiah terkait ekologi dan lingkungan.
  2. Meningkatkan critical thinking terkait tahap penyelesaian dan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.
  3. Memberikan wawasan terhadap masyarakat umum melalui poster narasi yang akan di unggah di setiap media sosial peserta KERIS.
  4. Menumbuhkan sikap aktif dan peduli terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan.
  5. Menumbuhkan sikap selaras dengan alam dan unsur-unsurnya.

Talkshow INDEX (Indonesia Ecology Expo)

Talkshow INDEX merupakan kegiatan yang menyajikan isu ekologi manusia terkini melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif berupa expo, seminar, dan perlombaan yang berkaitan dengan lingkungan.

  • Expo: menghadirkan komunitas atau pihak yang berperan di bidang lingkungan untuk saling berbagi ilmu.
  • Talkshow/Seminar: memberikan edukasi kepada sasaran melalui pembicara yang ahli di bidang lingkungan dan informasi tentang isu lingkungan.
  • Perlombaan: perlombaan yang dilakukan berkaitan dengan tema lingkungan, yaitu perlombaan ecodiction dan speech.

Tujuan:

  1. Memberi informasi dan mengajak kepada masyarakat tentang pentingnya ekologi serta isu-isunya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sebagai aksi ekologi manusia.
  2. Memberikan edukasi kepada masyarakat terkait upaya sederhana dalam menerapkan budaya ekologis.
  3. Mengubah sikap sasaran agar lebih peka terhadap kondisi alam/lingkungan sekitar melalui visualisasi kreatif.
  4. Mewadahi masyarakat yang aktif dalam menggunakan kembali barang bekas sebagai upaya menjaga lingkungan.
  5. Memberi informasi tentang pentingnya fakultas ekologi manusia sebagai bentuk kontribusi dalam bidang pendidikan yang berbasis ekologi manusia.

Ecoranger merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari-hari lingkungan yaitu hari Earth Hour dan hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini dilakukan dengan mengedukasi mahasiswa FEMA dan masyarakat umum mengenai sejarah dari peringatan hari tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan melakukan kampanye melalui media sosial baik instagram, line, tiktok dll. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mengadakan kompetisi dalam membuat karya kreatif baik berupa video, poster narasi, podcast dll yang membahas mengenai peringatan hari tersebut baik dari segi sejarah, isu-isu terkini, penerapan nyata dll.

Tujuan: Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hari lingkungan sehingga tergerak untuk selalu melakukan aksi ekologis demi menjaga lingkungan.

PRESS RELEASE

Rapat General Perdana ACCER

Telah dilaksanakan Rapat General perdana ACCER. Tujuan RG perdana adalah untuk menyambut teman- teman panitia yang sudah bergabung dalam Keluarga ACCER 2021✨ RG perdana telah dilaksanakan pada Hari Kamis, 4 Maret 2021 pukul 19.30 WIB. "Satu orang dapat menjadi sangat penting dalam sebuah tim, akan tetapi satu orang tidak bisa membuat tim yang hebat." - Kareem Abdul-Jabbar

Lokakarya Kemah Riset 2021

Halo, Ekologis! Telah dilaksanakan rangkaian kegiatan Kemah Riset (KERIS) 2021. Rangkaian KERIS 2021 berlangsung sejak bulan Maret 2021 hingga pada penutupan yang berupa LOKAKARYA ESSAY pada tanggal 5 Juni 2021. KERIS 2021 bertemakan "Critisize Our Environment for Sustainable Development Goals". Pada LOKAKARYA tersebut, Peserta yang hadir yakni 15 tim finalis dengan juri dan seluruh panitia. LOKAKARYA ESSAY ini bertujuan untuk menampilkan presentasi yang dilakukan oleh 15 Tim finalis yang telah terpilih.