Departemen Kesejahteraan Mahasiswa

Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesmah) merupakan departemen yang menjadi wadah kepedulian dalam meningkatkan kesejahteran mahasiswa melalui pengembangan kebutuhan mahasiswa FEMA

Program Kerja

Teman I Project

Teman I Project merupakan kegiatan web-seminar yang berfokus pada kesehatan mental guna memenuhi kesejahteraan mahasiswa FEMA.

Tujuan: Memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun masyarakat dalam menghadapi kesehatan mental disaat pandemi.


Tosca Berbagi

Tosca Berbagi merupakan kegiatan memberikan bantuan berupa bahan pokok untuk mahasiswa FEMA yang harus melaksanakan perkuliahan luring di Bogor guna memenuhi kesejahteraan serta kesehatan mahasiswa FEMA.

Tujuan: Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa FEMA melalui pemenuhan kebutuhan pokok serta kesehatan mahasiswa seperti masker, vitamin atau hand sanitizer.


Educare Teman–I

Educare TemanI merupakan media pusat pelayanan dan edukasi terkait kesejahteraan mahasiswa FEMA.

Tujuan: Menyediakan informasi dan edukasi sebagai bentuk pelayanan terkait kesejahteraan mahasiswa FEMA seperti beasiswa serta edukasi mengenai kesehatan mental dan hal lainnya.


Tosca Foundation

Tosca Foundation merupakan kegiatan pengumpulan dana dari mahasiswa FEMA guna membantu mahasiswa FEMA yang sedang mengalami kesulitan dari segi finansial maupun kemalangan.

Tujuan:

  1. Meningkatkan rasa kepedulian serta kepekaan sosial mahasiswa FEMA terhadap mahasiswa FEMA lainnya.
  2. Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa FEMA melalui pemenuhan kebutuhan finansial.

Peduli UKT

Peduli UKT merupakan kegiatan yang menaungi ataupun membantu mahasiswa FEMA yang memiliki kendala terkait pembayaran UKT dengan bentuk hibah atau pinjaman.

Tujuan: Memberikan kesejahteraan kepada mahasiswa FEMA yang memiliki kendala UKT.


Ranah Kesmah

Ranah Kesmah merupakan kegiatan berupa forum diskusi dan aspirasi ketua angkatan dan komandan tingkat tiap departemen angkatan FEMA mengenai kesejahteraan mahasiswa FEMA.

Tujuan:

  1. Memudahkan alur koordinasi serta informasi agar sampai pada mahasiswa FEMA
  2. Mengumpulkan aspirasi melalui komti/ketang dari setiap angkatan

PRESS RELEASE

Ranah Kesmah

Telah dilaksanakan kegiatan Ranah Kesmah pada hari Minggu, 21 Februari 2021 pukul 13.00 -14.30 WIB melalui media zoom meeting. Ranah Kesmah merupakan forum kesejahteraan mahasiswa yang diadakan oleh Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM FEMA IPB. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Angkatan dan Komisariat Tingkat tiap departemen Fakultas Ekologi Manusia angkatan 54, 55, dan 56. "Yuk ! Berkolaborasi untuk kesejahteraan mahasiswa FEMA"

HIFI 2021: Live Instagram #1 "Self Love"

Telah dilaksanakan salah satu rangkaian acara HiFI 2021 yaitu Live Instagram #1 yang bertajuk "Self Love: Sedikit Lebih Beda Lebih Baik Daripada Sedikit Lebih Baik" pada Senin, 19 April 2021 pukul 15.39-16.32 WIB dengan 42 partisipan. Live Instagram ini dihadiri oleh Kresna Bhayu Adelta (Mahasiswa Ter-Inspiratif IPB 2019) dan dimoderatori oleh 3 mahasiswi dari tiga Fakultas, yaitu Kartika Wulandari (FEM), Adininggar Murti (FATETA), dan Retno Tri Rahayu (FEMA).

Tosca Berbagi

Telah dilaksanakan kegiatan Tosca Berbagi pada Minggu, 25 April 2021 pukul 12.00-16.00 WIB bertempat di Dramaga, Bogor dengan jumlah mahasiswa penerima manfaat sebanyak 9 mahasiswa. Tosca Berbagi merupakan program dari Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM FEMA dengan memberikan paket kebutuhan sehari-hari kepada mahasiswa FEMA yang sedang berada di Dramaga, Bogor untuk keperluan akademik maupun non-akademik.

HIFI 2021: Live Instagram #2 "Toxic Positivity"

Telah dilaksanakan salah satu rangkaian acara HiFI 2021 yaitu Live Instagram #2 yang bertajuk "Toxic Positivity: It's Okay to Not be Okay" pada Senin, 26 April 2021 pukul 15.30-16.28 WIB dengan 283 partisipan. Live Instagram ini dihadiri oleh Alda Nisya (Sekretaris Kementerian Kesejahteraan Mahasiswa BEM KM IPB dan Sekretaris Konselor Sebaya IPB) serta dimoderatori oleh 3 mahasiswa dari tiga Fakultas, yaitu Naufal Rahman (FEM), Adininggar Murti (FATETA), dan Retno Tri Rahayu (FEMA).

HIFI 2021: Konseling dan Webinar

Telah dilaksanakan rangkaian acara HiFI 2021 yaitu Konseling pada 25 April - 1 Mei 2021 dengan 28 peserta dan Webinar pada 2 Mei 2021 pukul 13.00-15.00 WIB dengan 180 Peserta. HiFI merupakan program kerja kolaborasi antara BEM FATETA, BEM FEM, dan BEM FEMA yang terdiri dari serangkaian kegiatan dengan tujuan meningkatkan kesadaran kita mengenai kesehatan mental. Dengan berakhirnya serangkaian acara HiFI 2021 diharapkan para peserta mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.