Departemen Kajian Isu, Aksi Strategis dan Advokasi

Departemen Kajian Isu, Aksi Strategis dan Advokasi (Kastrad) merupakan departemen yang menaungi ranah pergerakan mahasiswa FEMA, penyambung lidah aspirasi mahasiswa FEMA, serta mengupayakan solusi bagi permasalahan mahasiswa melalui penegakan dan penerapan kebijakan

Program Kerja

BERANI (Beraksi Lewat Seni)

Program kerja bernama BERANI atau Beraksi Lewat Seni memiliki beberapa rangkaian, yaitu opini mahasiswa, aksi lewat seni, propaganda, kompetisi hari tani, dan malam kolaborasi.

Tujuan: Menghidupkan jiwa pergerakan bagi mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia dengan lebih menarik yang mana pergerakan disajikan dalam bentuk seni. Harapannya dapat meningkatkan kepedulian, sikap kritis, kreatif, dan kepekaan bagi Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia.


Dialog Dekan

Dialog Dekan merupakan program kerja yang terdiri dari dialog dekan yang digelar sebanyak dua kali dalam satu periode kepengurusan dan diselingi dengan FEMA bergerak yang merupakan tuntutan tertulis mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia selama 1 semester. Dalam pelaksanaannya, bekerjasama dengan Dewan pengawas mahasiswa (DPM)

Tujuan: Mewadahi mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia untuk menyampaikan keluhan dan aspirasi  kepada dekanat dan harapannya setiap saran maupun masukan akan ditindak lanjuti. Dalam rangkaian ini, peserta dapat menuangkan keluh kesahnya yang berkaitan dengan fasilitas, sistem pembelajaran, dan hal lainnya yang berkaitan dengan Fakultas.


REKAN (Rekreasi Pergerakan)

Rekreasi Pergerakan (Rekan) merupakan rangkaian kegiatan mengunjungi kementerian, LSM, lembaga negara, lembaga adat, akademisi, dan berbagai pihak lainnya. Sementara itu, Rekan dilaksanakan minimal 4 kali dalam satu periode kepengurusan.

Tujuan: Dalam rangka membuka ruang diskusi, meningkatkan kualitas dan kuantitas kajian departemen kajian isu, aksi strategis, dan advokasi (KASTRAD) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia.


Podcast ORASI (Obrolan berisi)

Podcast ORASI merupakan program kerja yang berupa hasil diskusi dari Rekreasi Pergerakan. Podcast ini disebarluaskan atau diunggah ke podcast BEM FEMA di spotify pada hari ke-2 sampai Hari ke-3 setelah kegiatan Rekan dilaksanakan.

Tujuan: Menyebarluaskan informasi yang didapat dari kegiatan rekreasi pergerakan khususnya kepada keluarga mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia. Informasi penting tersebut diharapkan bisa bermanfaat dan menambah wawasan mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia.


Warna-warni KASTRAD

Warna-warni KASTRAD merupakan kegiatan yang dilaksanakan di awal rangkaian ecologist 2021 dan bersifat wajib bagi mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia angkatan 57 sebagai pembekalan terkait pergerakan. Output berupa penugasan secara kelompok. Tiga penugasan terbaik akan ditampilkan di rangkaian penutupan Ecologist 2021.

Tujuan: Memperkenalkan fungsi pergerakan dan mengajak mahasiswa FEMA angkatan 57 untuk turut serta berperan dalam fungsi pergerakan sebagai mahasiswa.

PRESS RELEASE

Rekreasi Pergerakan (REKAN) I

Telah dilaksanakan Rekreasi Pergerakan (REKAN) I pada tanggal 21 Januari 2021. REKAN I dilaksanakan dengan mengunjungi Pusat Studi Agraria (PSA) IPB, diskusi diadakan dengan tema “Agraria dalam Kacamata Ekologi Manusia”. Rekan I bertujuan untuk mengetahui prinsip dasar agraria serta ekologi manusia berikut dengan perkembangannya, pentingnya kajian terkait agraria, dan pandangan agraria dari sudut pandang ekologi manusia.

Diklat 1 Forum Perempuan

Kemarin, tepatnya tanggal 22 Februari 2021 telah dilaksanakan diklat 1 Forum Perempuan IPB. Diklat pertama ini membahas mengenai “Perempuan Indonesia Masa Kini” dengan narasumber Charina Ardinal, anggota Forum Perempuan BEM SI 2019 dan Sekretaris Kementerian Kebijakan Nasional BEM KM IPB 2018. Forum Perempuan IPB merupakan wadah kolaborasi BEM KM IPB, BEM FEMA, serta Himaiko yang diperuntukkan kepada KM IPB sebagai turbin pergerakan perempuan IPB yang responsif terhadap isu perempuan, keluarga, dan anak serta menjadi inkubator pemberdayaan perempuan IPB.

Diklat 2 Forum Perempuan

Telah dilaksanakan diklat 2 Forum Perempuan IPB pada Rabu, 24 Februari 2021. Diklat kedua ini membahas mengenai “Potensi dan Tantangan Perempuan Saat Ini” bersama Ibu Retna Widyawati, Ketua Agrianita IPB. Forum Perempuan IPB merupakan wadah kolaborasi BEM KM IPB, BEM FEMA, serta Himaiko yang diperuntukkan kepada KM IPB sebagai turbin pergerakan perempuan IPB yang responsif terhadap isu perempuan, keluarga, dan anak serta menjadi inkubator pemberdayaan perempuan IPB.

Ngariung KM Chapter FEMA

Pada Rabu, 3 Maret 2021, Ngariung KM Chapter FEMA telah dilaksanakan. Semoga aspirasi dan saran yang telah disampaikan KM FEMA dapat ditampung dan disalurkan kepada pihak terkait oleh BEM KM. Berikut juga kami lampirkan notula hasil diskusi yang bisa diakses pada ipb.link/notulangariungkm-chapter-i

Rekreasi Pergerakan (REKAN) II

Telah dilaksanakan Rekreasi Pergerakan (REKAN) II pada Sabtu, 6 Maret 2021. REKAN II dilaksanakan dengan mengunjungi Agrarian Resource Center (ARC), diskusi diadakan dengan tema “Memahami Agraria dan Permasalahannya di Indonesia”. Rekan II bertujuan untuk memahami perspektif lain dari agraria serta kompleksitas permasalahan agraria di Indonesia.

Woman on Conversation (WECATION) #1 Forum Perempuan IPB

Pada Senin, 8 Maret 2021 telah dilaksanakan Woman on Conversation (WECATION) #1 Forum Perempuan IPB. WECATION #1 ini membahas mengenai “Sejarah Perempuan dalam Pembangunan dan Keluarga” bersama Fathiyah Azizah, Menteri Kebijakan Nasional BEM KM IPB 2018. WECATION #1 merupakan program pembekalan materi untuk anggota Forum Perempuan IPB. Kegiatan ini dilakukan secara daring mengundang narasumber yang memiliki pengetahuan mengenai tema yang diusung. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman dalam hal keperempuanan.

Dialog Dekan I FEMA

Pada Sabtu, 13 Maret 2021 telah dilaksanakan Dialog Dekan I dengan tema "Tantangan FEMA di 2021, akankah lebih baik?". Dialog Dekan I dilaksanakan dalam rangka penyelerasan aspirasi terkait sistem administrasi, sistem belajar mengajar, sistem ujian online, dan sistem kehidupan kampus yang disampaikan KM FEMA pada gelombang pertama Voice of Ecologist (15-28 Februari 2021). Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan Akademik serta Kemahasiswaan FEMA beserta jajarannya. Semoga aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh KM FEMA bisa lebih didengar dan mampu menghadirkan berbagai solusi atas keresahan KM FEMA!

Dialog FEMA I

Pada Sabtu, 20 Maret 2021 telah dilaksanakan Dialog FEMA I. Dialog FEMA I ini bertema " Tantangan FEMA di Tahun 2021, Akankah Lebih Baik?" Dialog FEMA I dilaksanakan dalam rangka penyelerasan aspirasi terkait sistem administrasi, sistem belajar mengajar, sistem ujian online dan sistem kehidupan kampus yang disampaikan KM FEMA pada gelombang pertama dan kedua Voice of Ecologist. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Para Kepala Departemen beserta jajaran pimpinan Fakultas Ekologi Manusia lainnya. Semoga aspirasi-aspirasi yang disampaikan oleh KM FEMA bisa lebih didengar dan mampu menghadirkan berbagai solusi atas keresahan KM FEMA! Akses notula hasil Dialog FEMA I pada link berikut : http://ipb.link/notuladialogfema-i

Rekreasi Pergerakan (REKAN) III

Telah dilaksanakan Rekreasi Pergerakan (REKAN) III pada Rabu,19 Mei 2021. REKAN III dilaksanakan dengan mengunjungi Forest Watch Indonesia (FWI), diskusi diadakan dengan tema “Hutan dalam Pusaran Konflik Agraria Bagaimana Dampaknya?”. REKAN III bertujuan untuk memahami perspektif dan sisi lain tentang agraria secara komprehensif serta melihat kondisi kompleksitas permasalahan agraria yang ada di Indonesia.