BAHAYA SELF-DIAGNOSIS

  • Post author:
  • Post category:Bersama-I
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:31 Mei 2022
  • Reading time:2 mins read

Hi, Ekologis!

Kalian tahu gak sih kalau self-diagnosis yang saat ini ramai diperbincangkan memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan mental kita loh!

Yuk kenali seputar self-diagnosis untuk kesehatan mental kalian!

Apa itu SELF – DIAGNOSIS ?

Self – diagnosis adalah mendiagnosis diri sendiri mengidap sebuah penyakit atau gangguang berdasarkan pengetahuan diri sendiri atau informasi yang didapatkan secara mandiri , seringkali didapatkan dari internet. Tahukah kamu bahwa hal ini berbahaya untuk kesehatan mental kita? Ada beberapa dampak yang ditimbulkan dari self – diagnosis.

DAMPAK SELF – DIAGNOSIS

1. Kekhawatiran berlebih

Diagnosis yang kita lakukan secara mandiri dapat menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan karena kita hanya mencari informasi secara mandiri dan belum tentu kebenarannya.

2. Membuat masalah tidak dapat didiagnosis

Karena diagnosis yang kita lakukan secara mandiri, kita jadi menebak – nebak dan merasa bahwa kita mengalami penyakit yang serius , padahal hal itu belum tentu terjadi dan bisa jadi diagnosis kita akan menutupi diagnosis penyakit yang sesungguhnya.

3. Memperparah kondisi kesehatan mental

Self – diagnosis dapat memperparah kondisi yang sedang kita hadapi karena terlalu panik dan stres , tidak mengobati masalah yang sedang dihadapi , atau bahkan mendapatkan pengobatan yang salah.

4. Menyangkal masalah yang sedang dialami

Ada banyak kasus dimana seseorang menyangkal masalah yang sedang dihadapi , padahal penyangkalan tersebut tidak akan menyelesaikan masalah dan bisa jadi permasalahan mental yang sedang dihadapi parah dan membutuhkan penanganan secepatnya.

5. Membuat enggan berkonsultasi dengan pakar

Setelah mencari informasi secara mandiri , anda merasa tidak perlu lagi berkonsultasi dengan ahli dan jika terlalu sering melakukan self diagnosis anda dapat kehilangan kepercayaan kepada psikologi atau psikiater.

“Menjaga kesehatan mental mu adalah salah satu bentuk dari mencintai dirimu sendiri”.

BEM FEMA IPB

Portal Website BEM FEMA IPB Narahubung : (Lutfi Arifudin) linktr.ee : linktr.ee/bemfema Twitter @bemfemaipb | IG @bemfema OA Line BEM FEMA @nhw4871i LinkedIn : BEM FEMA IPB

Tinggalkan Balasan