ALL YOU NEED TO KNOW ABOUT SELF-AWARENESS

  • Post author:
  • Post category:Bersama-I
  • Post comments:0 Comments
  • Post last modified:28 April 2022
  • Reading time:3 mins read

Halo, KM FEMA!

Kalian tahu ngga sih apa itu self-awareness dan bagaimana mengenalinya? Kalau belum tahu, yuk simak penjelasan berikut ini dan jangan lupa hadir pada acara HiFI ya!

APA SIH SELF-AWARENESS ITU?
Self-awareness adalah kesadaran untuk berusaha memahami pikiran, perilaku, serta perasaan diri sendiri. Ini bisa sesederhana memperhatikan emosi yang kamu rasakan ketika menghabiskan waktu dengan orang-orang tertentu. Lebih kompleksnya adalah tentang bagaimana pikiranmu masuk ke dalam emosi dan perilakumu. Misalnya, ketika kamu merasa tidak termotivasi dalam menjalani hidup. Tubuhmu mungkin akan terasa berat dan membuat kamu berbaring seharian di tempat tidur, yang kemudian memicu pemikiran tentang betapa sulitnya hari-harimu yang akan datang . “Kesadaran akan aspek-aspek diri adalah langkah pertama untuk berubah dan berkembang. Kamu tidak dapat mengubah apa yang tidak kamu ketahui.”

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang dapat memahami dirinya sendiri dengan jelas, maka mereka akan cenderung membuat keputusan yang lebih baik, membangun hubungan yang lebih kuat , dan mampu berkomunikasi dengan lebih efektif. Namun, kenyataannya berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada hampir 5000 partisipan, diestimasikan hanya 10% -15% orang yang benar-benar memiliki kesadaran terhadap dirinya sendiri. Source : Harvard Business Review by Tasya Eurich ( 2018 ).

SELF-AWARENESS MEMBUTUHKAN KEBERANIAN

Self awareness mengalihkan fokus dari apa yang terjadi di sekitar kamu menjadi apa yang terjadi di dalam diri kamu. Penekanannya adalah pada bagaimana kamu berpikir dan merasa.

KAMU MUNGKIN TIDAK AKAN MENYUKAI APA YANG KAMU TEMUKAN

Kamu akan menemukan hal-hal baru tentang dirimu ketika kamu melangkah mundur dan merenungkannya. Beberapa hal akan kamu sukai, dan beberapa mungkin tidak . Ketika kamu mengetahui sisi gelap dalam dirimu, seringkali kritik batin dan rasa malu muncul, seperti pemikiran “seandainya aku tidak melakukan itu” atau “aku tidak menyukai caraku berbicara kepada orang itu.”

PENTING UNTUK MERAWAT DIRI SENDIRI

Self-awareness perlu didampingi dengan self care (merawat diri) dan self compassion (mengasihi diri). Penting untuk kamu mencari cara menenangkan diri terhadap apa yang kamu sadari selama proses melalui pengelolaan emosi.

BE AWARE OF THE PART OF YOU THAT DOESN’T WANT TO BE SELF-AWARE

Seringkali terdapat bagian dalam diri kita yang tidak ingin diungkapkan. Hal ini merupakan cara pikiran kita untuk melindungi diri dari hal yang tidak disukai atau tidak mau diakui karena terlalu menyakitkan atau menakutkan. that’s okay and take your time! Self awareness adalah praktik seumur hidup dan tidak perlu terburu-buru. Langkah kecil yang berkelanjutan adalah kunci.

Jadi bagaimana cara agar kita lebih self-aware?

Cara sederhana untuk mulai melatih self awareness adalah dengan secara rutin bertanya pada diri sendiri.

  1. Apa yang aku rasakan pada tubuhku sekarang?
  2. Pikiran apa yang melintas di benakku? dan yang aku katakan pada diriku sendiri?
  3. Emosi apa yang ada di sekitarku?
  4. Apa yang ingin aku lakukan atau apa yang aku lakukan sebagai konsekuensi dari apa yang aku pikirkan dan rasakan?

Source : Inner Melbourne Clinical Psychology by Dr Jacqueline Baulch.

BEM FEMA IPB

Portal Website BEM FEMA IPB Narahubung : (Lutfi Arifudin) linktr.ee : linktr.ee/bemfema Twitter @bemfemaipb | IG @bemfema OA Line BEM FEMA @nhw4871i LinkedIn : BEM FEMA IPB

Tinggalkan Balasan